Minggu, 11 Januari 2009

Anda Akan membuat blog di tempat gratisan yang paling banyak yang digunakan, yakni Blogger.Com kepunyaan dari Paman Google (www.google.com). Takut ntarnya dibilang banyak basa-basi alias terlalu banyak bacot (Bacot Kompor Meleduk) jadi secepatnya menjelaskan langkah konkrit membuat blogspot...
1. Buka Browser Sobat dan masuklah ke website Blogger yaitu http://www.blogger.com. Akan terlihat halaman awal website Blogger seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
website_blogger.gif
2. Untuk memulai membuat blog baru, SobatKP cukup mengklik pilihan 'Create Your Blog Now / CIPTAKAN BLOG ANDA" setelah itu akan terbuka halaman 'Create a Google Account' atau 'Ciptakan sebuah Account Google'.

3. Pertama-tama SobatKp harus membuat sebuah account baru di Blogger. Untuk ini diperlukan sebuah alamat e-mail yang masih aktif/berlaku. Kemudian, isi data berupa password (password ini nanti akan digunakan untuk login ke Blog SobatKp). Selain itu isi pula 'Display Name / Nama Tampilan', 'Word Verification', lalu pilih 'Acceptance of Terms / Penerimaan Persyaratan' dengan cara memberi tanda cek pada kolom yang disediakan. Bila semua data diatas telah SobatKp lengkapi, klik tombol 'Continue/Lanjutkan'
Ciptakan_sebuah_account_google.gif
4. Kemudian, tentukan Judul dan alamat blog SobatKp pada kolom 'Blog Title / Judul Blog' dan 'Blog address / Alamat Blog (URL)'. untuk Blog address ini, SobatKp dapat memeriksa ketersediaan alamat yang SobatKp inginkan, apakah alamat tersebut telah ada yang menggunakan atau belum. Setelah menentukan blog title dan blog address SobatKp, klik tombol "Continue/Lanjutkan"
Beri_Nama_Blog_Anda.gif5. Langkah selanjutnya Adalah memilih template terbaik blog. SobatKp dapat memilih salah satu dari 12 template default yang tersedia. SobatKp dapat melihat terlebih dahulu tampilan blog SobatKp dalam template pilihan sebelum menentukan pilihan akhir.
Pilih_template_Blog.gifBagaimana jika tidak ada satu pun template yang SobatKp suka? tenang saja, bila tidak ada template yang berkenan di hati, SobatKp dapat menggatinya setelah Blog-nya sudah jadi. Selanjunya setelah SobatKp memilih salah satu tempalte yang ditawarkan, tekan tombol "Continue/Lanjutkan"

6. Berikutnya SobatKp akan mendapati tulisan "Your blog has been created" atau "Blog Anda telah Diciptakan". Kalau Begitu Kapanpun's mengucapkan kata selamat "Wellcome To Dunia Blogger". Lalu SobatKp tinggal menekan tombol "Start posting" untuk mulai mengisi blog.
Blog_Anda_telah_selesai.gif
Tahukah anda bagaimana cara posting yang efektif? Bagaimana caranya agar posting anda bisa memikat pengunjung untuk terus menerus datang ke blog anda? Selama membuat blog, saya amati ada beberapa hal yang membuat posting bisa menjadi senjata ampuh mendatangkan pengunjung. Dan asemua itu tidak akan efektif jika anda tidank mengetahui Cara posting di bloger baru anda

  1. buka account blog anda
  2. pada sudut kanan atas klik MASUK
  3. isi email dan password anda
  4. klik SIGN IN
  5. klik Posting Baru
  6. Beri Judul
  7. Isi dengan materi atau gambar dll
  8. jika dianggap sudah cukup klik MEMPUBLIKASIKAN POSTING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar